AIPTU ABD. MALIK TERAPKAN POLISI RESPONSIF DAN MENGAYOMI

No Comment Yet

Tribratanewspolresselayar.com

Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Unit I Polres Kepulauan Selayar, Aiptu ABD. Malik dalam menjalankan tugas sehari-hari menerapkan prinsip pelayanan kepolisian yang responsif dan mengayomi. Sebagai Ka SPK yang merupakan pelayanan terdepan bagi masyarakat sudah menjadi tugas rutin baginya untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Prinsip pelayanan yang cepat dan tanggap tersebut kembali dipraktekkan Polisi asal Bumi Turatea Jeneponto pada hari ini Jumat 02/9 di Kota Benteng. Begitu menerima adanya aduan dari masyarakat tentang terjadinya keributan antara Pasutri di salah satu wilayah Kota Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar, Aiptu Abd. Malik bersama anggota sabhara dan piket fungsi reskrim mendatangi lokasi.

Keributan yang menjurus ke Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga tersebut berhasil diselesaikan dengan jalur Persuasif. Aiptu Abd.MALIK dapat meredam konflik rumah tangga tersebut dengan memberi nasihat moral dan agama sehingga keluarga tersebut akur kembali.

Bagi saya tidak semua masalah harus diselesaikan dengan jalur pidana, kesepakatan berdamai dengan saling memaafkan antara pihak yang bertikai adalah sebuah penyelesaian terbaik. Kita bukan hanya penegak hukum, tapi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Mengayomi mereka untuk dapat berfikir lebih jernih adalah juga merupakan tugas Kepolisian“. Kata Abd. Malik

Lebih lanjut Abd. Malik mengatakan bahwa dalam penerimaan laporan aduan masyarakat, ia senantiasa menganalisa pokok permasalahan, jika dapat diselesaikan secara persuasif dan tidak menimbulkan kerawanan ia biasa memberi saran untuk berpikir lebih jauh sebelum memilih jalur pidana kepada Pelapor. Menurut Anggota Polres Kepulauan Selayar yang dikenal bersahaja dan dekat dengan masyarakat ini,  melapor atau membuat aduan kepada Polisi adalah hak setiap warga, namun kami selalu memberikan nasihat, akan tetapi jika permasalahan yang ada sulit untuk diselesaikan dengan cara persuasif dan  dapat menimbulkan kerawanan, kita tetap harus tindak lanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Said Anna Fauza, SIK mengapresiasi apa yang dilakukan Aiptu Abd. Malik. “Langkah persuasif seperti yang dilakukan Aiptu Abd. Malik juga sesuai dengan Tupoksi Polri yang diatur dengan UU Kepolisian, pada prinsipnya tugas kita adalah menciptakan suasana tentram dan damai di Masyarakat, jangan lagi karena ada Polisi masyarakat jadi resah, sekarang saatnya menciptakan situasi Polisi yang bersahabat, jika ada Polisi masyarakat merasa terlindungi, aman dan nyaman “, Kata Kapolres.

As

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *