POLRES KEP. SELAYAR DAPAT BANTUAN 3 UNIT KAPAL PATROLI C3 DARI MABES POLRI

No Comment Yet

Tribratanewspolreskepselayar.com

Polres Kepulauan Selayar mendapatkan bantuan 3 (Tiga) unit Kapal Patroli Type C3. Bantuan tersebut merupakan bantuan operasional dari Mabes Polri untuk meningkatkan pengamanan laut di Wilayah Kab. Kepulauan Selayar. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Eddy Suryantha Tarigan, S.IK. Selasa 12/9.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Eddy Suryantha Tarigan, S.IK

Kapolres mengungkapkan bahwa Mabes Polri menyiapkan bantuan Kapal Patroli untuk pengawasan wilayah perairan. Kabupaten Kepulauan Selayar dengan luas laut lebih dari 9.100 KM Persegi tentu membutuhkan Sarana Kapal yang memadai untuk pengawasan. Olehnya itu, pihaknya telah menyampaikan permohonan ke Mabes Polri untuk mendapatkan bantuan. Al hasil, sebanyak 3 Unit sudah dikirim ke Selayar, untuk digunakan oleh Sat Polair Polres Kepulauan Selayar.

Lebih lanjut Kapolres yang baru saja mendapatkan mutasi jabatan dan akan segera Pindah tugas sebagai Kapolres Deli Serdang Sumatera Utara ini, mengatakan bahwa kehadiran 3 Unit Kapal Speed Boat C3 ini dapat mewujudkan program Zero Illegal fishing 2018 yang menjadi salah satu programnya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Saya harapkan dengan kehadiran 3 Unit Kapal Patroli C3 ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan menekan aksi Illegal Fishing di Kabupaten Kepulauan Selayar. Zero Illegal fishing adalah program saya, namun dengan dukungan kita semua khususnya Kapolres yang baru dan Komitmen seluruh Anggota, serta Stakeholders yang ada, meskipun saya pindah tugas saya berharap itu bisa kita penuhi “, Jelas Kapolres AKBP. Eddy Suryantha Tarigan, S.IK .

Kapal speed boat tipe C3 ini sendiri memiliki spesifikasi yakni terbuat dari fiberglass campuran besi, dengan panjang 8 meter dan lebar 2,5 meter. Mesin penggeraknya motor tempel merek Yamaha kapasitas 85 PK. Selain itu, di dalam kapal terdapat tanki BBM, pelampung, kompas, lampu SOS, peralatan kunci, safety box P3K, dan tabung pemadam kebakaran.

SPESIFIKASI KAPAL POLISI CILIK 3:
A. DIMENSI:
1. PANJANG : 5 – 10 M
2. LEBAR : 2,8 – 4 M
3. DALAM : 1,4 M
4. SARAT : 0,6 M
5. DISPLASEMEN 100 % : 7 TON

B. KECEPATAN :
1. KECEPATAN PENUH : 30 – 35 KNOT
2. KECEPATAN OPERASI : 24 – 30 KNOT
3. KECEPATAN JELAJAH : 15 – 20 KNOT

C. JENIS MESIN INDUK / BANTU : DIESEL ENGINE
D. JUMLAH MESIN INDUK : 2 UNIT
E. ANAK BUAH KAPAL : 3 ORANG

Dengan spesifikasi tersebut kapal patroli ini bisa digunakan untuk berpatroli di Perairan dangkal maupun laut lepas dengan kecepatan 35 Knot.
As

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *