POLRES KEP. SELAYAR TANGKAP KAPAL BANTUAN NELAYAN ASAL SINJAI 1 MIL DARI JINATO

No Comment Yet

Tribratanewspolreskepselayar.com

Komitmen Polres Kepulauan Selayar untuk memberantas Illegal Fishing di Perairan Selayar dibuktikan dengan terus menggencarkan Patroli di Sekitar Perairan Selayar, khususnya Kawasan Taman Nasional Takabonerate. OoHal tersebut terbukti dimana Pada hari Selasa 28/3/ 2017, Sekitar Jam 09.30 Wita, Polres Kepulauan Selayar kembali mengamankan sebuah Kapal Asal Kabupaten Sinjai di Perairan sebelah timur Pulau Jinato, Desa Bonerate, Kec Taka Bonerate, Kab Kep. Selayar, yang berjarak kurang lebih 1 Mil dari bibir Pantai.

Setelah dilakukan Pemeriksaan Kapal tersebut bernama KMN INKA MINA 749, dengan GT 36 tidak mempunyai Dokumen Berupa SIUP, SIKPI, SIPI. Kapal tersebut merupakan Kapal bantuan kepada Kelompok Nelayan yang diadakan berdasarkan Anggaran APBD Propinsi Sulsel TA 2013 dengan Total Anggaran 2 Milyar. Bersama Kapal tersebut diamankan 1 Orang Nahkoda dan 18 Orang ABK. Selain itu juga diamankan Barang Bukti berupa hasil Tangkapan Ikan sekitar 2 Ton.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Eddy Suryantha Tarigan, S.IK menyampaikan bahwa Kapal tersebut ditangkap karena melanggar Pasal 92 Sub Pasal 26 Ayat (1) Jo Pasal 93 Ayat (1) Jo Pasal 27 UU RI No 45 Tahun 2009 TTG Perubahan UU No. 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan dengan Ancaman hukuman 6 Tahun Penjara dengan denda 1,5 Milyar rupiah. Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, bahwa pihak Polres sudah dihubungi oleh beberapa pihak untuk melepaskan Kapal tersebut, namun Kapolres tetap berkomitmen melanjutkan Proses hukum, karena berdasarkan bukti awal diduga kuat telah terjadi Tindak Pidana Pelanggaran terhadap Undang-undang Perikanan.

AS

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *