POLRES KEP. SELAYAR TUGASKAN AIPDA HASAN LATIH PETANI DESA UJUNG PASIMASUNGGU TIMUR

No Comment Yet

Tribratanewspolreskepselayar.com

Personil Polres Kepulauan Selayar Aipda Hasan S,Sos yang saat ini menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Putabangung Kec. Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar mendapat penugasan khusus untuk menjadi Pemateri sekaligus melatih Kelompok Tani Desa Ujung Kec. Pasimasunggu Timur Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ia mendapatkan Tugas dari Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Eddy Suryantha Tarigan, S.IK menyusul surat permohonan Kepala Desa Ujung yang berharap agar Bintara Peraih Pin Perak Kapolri ini menjadi pemateri sekaligus melatih kelompok tani di Desanya bercocok tanam hortikultura yang dilaksanakan Kamis – Jumat 07-08/09/2017 di Desa Ujung Kec. Pasimasunggu Kepulauan Selayar.

Kades Ujung Muhammad Rustan, sendiri mengaku tertarik mengundang Aiptu Hasan sebagai pengelola kebun Kamtibmas, karena ia bersama Ketua LSM Muassir dan 3 orang Warganya pernah berkunjung ke kebun Kamtibmas. Melihat keberhasilan kebun Kamtibmas mereka berkeinginan untuk belajar bercocok tanam tanaman Hortikultura karena di Desa Ujung, Petani hanya menanam padi dan ada jeda waktu yang tidak termanfaatkan. Maka dilaksanakanlah kegiatan pelatihan dan penanaman Hortikultura dengan varietas tanaman Tomat, Cabe dan mentimun di Dusun Mare Selatan Desa Ujung Kec Pasimasunggu Timur. Selain Aiptu Hasan kegiatan Pelatihan tersebut juga menghadirkan PPL dari Dinas Pertanian Ibu Darmawati.

Menurut Aiptu Hasan, Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan dan motivasi, praktek pembuatan media tanaman, cara menyemai benihmenanam, meraut bambu untuk tiang tempat menjalar tomat, mengenalkan pupuk dan obat yang digunakan dalam pengendalian hama, dan pemeliharaan sehingga tanaman subur dan berbuah lebat dan sehat untuk dikomsumsi.


” Saya tentunya berharap agar Desa Ujung dapat menjadi contoh bagi Petani dari Desa lain khususnya di Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur yang memiliki irigasi dan lahan yang cukup baik untuk pengembangan tanaman hortikultura ini. Ini juga akan mewujudkan Selayar menjadi daerah swasembada pangan, terima kasih atas Kepercayaannya masyarakat kepada Kami baik secara pribadi maupun kepada Institusi kami “, Tandas Hasan.

Lebih lanjut, Hasan mengungkapkan bahwa setelah melihat situasi di Pasimasunggu Timur ia menilai bahwa Potensinya sangat menjanjikan, baik masalah lahan maupun pemasaran. Masyarakat khususnya Desa Ujung memasarkan hasil tambak / empang Ikan bandeng dan beras ke Labuang Bajo NTT, dan perjalanan dengan menggunakan kapal motor hanya dijangkau dalam waktu 12 jam. Jika tanaman Holtikultura digalakjan maka mereka juga dapat membawsvsayur mayur seperti Kol, tomat, semangka, mentimun dan lain-lain, ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan petani.
(As)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *