Tim Jibom Brimob Polda Jatim Musnahkan Tiga Mortir Peninggalan Perang

mo1

mo2

Tribratanews.com – Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan pemusnahan tiga mortir peninggalan penjajah Belanda di Kali Selogiri, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi Selasa (31-05-2016).

Pemusnahan senjata perang atau dalam bahasa militer disebut disposal digelar selama kurang lebih 3 jam dan dilakukan oleh 5 anggota Jibom dipimpin Ipda Agus Hariyanto. Disposal juga disaksikan oleh Kapolsek Kalipuro AKP Supriyadi anggota Koramil Ketapang, Satpol PP serta Perhutani Banyuwangi Utara.

Tiga mortir militer tersebut merupakan hasil temuan 3 polsek yaitu, Polsek Siliragung, Polsek Tegal Dlimo dan Polsek Muncar. Kondisi 3 senjata perang tersebut masih aktif sehingga perlu dilakukan pemusnahan agar tidak berbahaya saat disimpan.

“Apabila disimpan bisa menimbulkan reaksi ledakan. Terjadinya juga sewaktu-waktu,” terang Ipda Hariyanto.

Pemusnahan tiga mortir yang telah berkarat dilakukan di kawasan Hutan Selogiri dengan diledakkan dalam sebuah lubang agar tidak melukai warga. Semua serpihan mortir yang diledakkan dibuatkan berita acara peledakkan. Selanjutnya serpihan itu akan dibawa Tim Jibom Polda Jatim ke Surabaya.

“Peledakkan tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena mortir itu senjata militer maka proses pemusnahannya juga menggunakan berita acara,” ujar ketua Tim Jibom.

Peledakan mortir dimulai pada pukul 09.00 Wib dan berakhir pada pukul 12.00 Wib. Tim Jibom mengenakan seragam khusus saat menjalankan tugas agar aman dari ledakkan.

[Humas Polda Jatim]

Related Posts